sejarah gunung waloh towo




Sahabat-sahabat semua, pernah dengar gunung waloh towo? mungkin belum banyak orang yang tau, karena saya cari-cari di mbah google pun gak ketemu. Gunung waloh towo banyak sekali batu-batuan yang berbentuk lukisan kehidupan. Nah, di sini saya akan mencoba mengulas sejarah dari asal mula gunung waloh towo. Tapi jika ternyata cerita saya kurang tepat atau memang salah, ya mohon maaf yang sebesar besarnya. :D




Pertama, gue akan mengulas tentang sejarah lukisan-lukisan atau patung yang ada di gunung waloh towo. Menurut cerita dari mbah Tumijah, beliau adalah nenekku. :D . Sejarahnya dulu ada manusia yang hendak berburu celeng(bahasa jawa). Anda tau celeng? celeng adalah nenek moyang babi hutan. Nah, sampai suatu ketika orang tersebut menemukan jejak celeng, dan dia pun bermaksud mengejar dengan senjata tombak, dan sampai di perlintasan gunung waloh towo tersebut ntah kenapa dan belum jelas penyebabnya semuanya berubah jadi patung, orangnya serta celengnya juga. Di situ juga ada lukisan yang mirip gading gajah, itupun masih kurang jelas sejarahnya. 

Ada lagi lukisan yang bentuknya mirip kuburan, dulu kata orang2 sekitar, lukisan itu bisa nyala bagaikan lampu yang gemerlap pada saat malam jum'at kliwon. Tapi kayaknya sekarang nggak tuh. Dan satu lagi yang pernah aku saksikan dengan mata saya sendiri, malam itu terlihat di sekitar gunung tersebut terlihat kebakaran yang lumayan luas, dan api berkobar. Tetapi pada siang harinya orang2 pada melihat nggak ada sama sekali bekas kebakaran. Aneh juga sih. 

Nah, sobat-sobat.... tau nggak kenapa gunung tersebut dinamakan waloh towo? nggak tau kan? sama, gue juga nggak tau. hahahaaaa. Tapi ada yang mengatakan asal mula dari WALOH TOWO adalah dulu ada sepasang suami dan istri yang tinggal di gunung tersebut dan tak punya anak. Dan dia punya banyak tananman waloh yang sangat luas. 

Pada akhirnya karena saking banyaknya, dia jelas gak mampu kalau hanya di makan berdua. Akhirnya waloh tersebut di TOWO'no(di tawarkan) kepada orang lain yang mau. jadilah namanya WALOH TOWO. Kayaknya sih cerita yang ku dengar kalau ggak salah begitu. Jika ada kesalahan, sekali lagi mohon ma'af yang sebesar-besarnya. Thank.............. 

NB: Tujuan utama saya hanya untuk menghibur. :)    

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
6 September 2013 at 22:38 delete

Tulisan agan ane share di page ini... https://www.facebook.com/panggulraya?ref=hl

Reply
avatar