Sejarah Kali Sumber

Add caption
Kali sumber merupakan air murni dan alami yang keluar langsung dari sumber pegunungan. Dan uniknya sumber mata air ini tetap mampu mengeluarkan air meski musim kemarau yang panjang. Kali sumber ini terletak di dekat Rumah ane sendiri karena ya masih satu RT. Tepatnya di RT 013 RW 004, desa Barang, Kecamatan Panggul, Trenggalek.

Masyarakat sekitar memanfaatkan air yang keluar dari Kali Sumber ini untuk keperluan sehari-hari bahkan untuk diminum juga . Termasuk saya yang menggunakannya. Yang menggunakan air ini tidak hanya satu RT saja. Tetapi dari berbagai RT lain juga memanfaatkan air ini untuk keperluan sehari-hari mereka. Ada juga bahkan dari desa lain yang mengambil air dari mata air Kali Sumber dengan memakai bantuan selang yang disalurkan ke rumah mereka masing-masing.

Menurut cerita yang saya dapat dari sesepuh masyarakat sekitar, sejarah asal mula terjadinya Kali Sumber ini berawal dari seorang penggembala kambing yang kehausan karena kehabisan air minum di tempat itu. Kemudian dia berdo'a dan memohon kepada sang maha pencipta agar diturunkan air minum untuk dia. 

nah, ketika dia sedang berdo'a. Ada seorang Wali yang lewat dan berjalan di samping penggembala kambing tersebut sambil membawa tongkat. wali merupakan penyebar agama Islam pada zaman dahulu. Tanpa berbicara sepatah kata pun, kemudian Wali itu memukulkan tongkatnya ke arah batu yang besar.

Lantas dengan wajah yang terkejut, penggembala kambing itu melihat sumber mata air yang besar dan keluar dari dalam batu besar itu. Kemudian tanpa berfikir panjang, sang penggembala kambing itu langsung menuju ke sumber mata air tersebut dan segera minum akibat rasa hausnya yang sudah tidak tertahan lagi itu. 

Pada saat dia meminum air tersbut, anehnya wali tersebut menghilang dengan sekejap mata. Peggembala kambing berusaha mencarinya, tetapi hasilnya pun sia-sia karena wali itu pun menghilang sangat cepat dan tidak berhasil diketemukannya. Penggembala kambing itu pun sedikit menyesal karena belum sempat mengucapkan kata terima kasih pada beliau.Namun dia sadar bahwa semua itu adalah pertolongan dari Allah SWT. Dan wali tersebut adalah sebagai perantaranya saja.Dengan begitu sang penggembala kambing segera bersujud syukur atas pertolongan yang diberikan kepada Allah kepadanya. 

Nah, itulah sedikit cerita Kali Sumber yang berada di RT 13, RW 04, desa Barang, kecamatan Panggul, Trenggalek. Kita bisa menyimpulkan dari sejarah tersebut bahwa seharusnya dalam keadaan susah pun kita harus mengingat Allah. Karena hanya Allah lah yang bisa memberikan pertolongan kepada kita. 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »